POJOK PIKNIK

CARI DOLAR

Tips Kece

Nasihat Gokil

Friday, February 5, 2016

Membangunkan Anak dengan Motivasi, Bukan Ancaman dan Kemarahan

Tubuh manusia, tak kecuali anak-anak, membutuhkan jam istirahat untuk tetap berada kondisi sehat. Tidur adalah salah satu bentuk istirahat paling baik. Namun, saking enaknya tidur, kadang-kadang anak-anak tidak bangun, padahal beragam aktivitas penting harus dilakukan. Telat bangun tidur kerap berujung masalah, seperti terlambat berangkat ke sekolah.
Di situlah peran orang tua harus dijalankan agar anak bisa tidur tepat waktu, juga bangun tepat waktu. Ada beragam cara agar anak tidur tepat waktu. Paling sering dilakukan adalah dengan jam weker. Pilihan lainnya adalah membangunkan anak secara langsung.

Jika anda termasuk yang membangunkan anak secara langsung, gunakanlah cara-cara yang baik. Kasih sayang dan kelemah lembutan akan berefek positif pada aktivitas anak pasca bangun tidur. Anak akan ceria, tersenyum, bersemangat, dan ikhlas beraktivitas. Berbeda ketika anak dibangunkan dengan penuh omelan, apalagi tindakan kasar, maka ketika terbangun anak akan merasa dongkol, protes, marah, dan ogah-ogahan. Sudah bukan zamannya membangunkan anak dengan mengguyurnya dengan air, mengomelinya, atau memarahinya.

Berikut ini beberapa trik yang motivatif dan penuh kasih sayang untuk membangunkan anak.

1. BISIKKAN KATA-KATA MOTIVASI ATAU BIJAK
Anda bisa mengucapkan kata seperti ini:
"Adik, mau lihat matahari tersenyum indah nggak? Bangun Yuuk..."
"Kakak... ayam sudah berkokok dan bernyanyi. Maukah ikut bernyanyi?"

"Nak, lihat tuh ayam-ayam sudah pada bangun, mereka sudah rajin mencari makan. Kakak juga harus rajin dong, bangun, berangkat ke sekolah. Masak kakak kalah sama ayam?"

2. BERITAHU AKTIVITAS MENYENANGKAN YANG HARUS DIA KERJAKAN
"Kakak.. Ikan-ikanmu di akuarium manggil-manggil kakak. Mereka minta makan, kakak bangun dong beri makan mereka..."
"Eh, Kak... Bangun yuk, hari ini kan di sekolah kamu akan outbound bareng teman-teman..."

"Sayang... katanya hari ini mau pergi piknik ke taman. Ayo bangun dong, kalau telat berangkat nanti sudah penuh orang gimana?"

3. BUATKAN MASAKAN KESUKAAN
"Tara... ini apa kak? Nasi goreng kesukaan kakak... Bangun yuk sayang..."
"Pagi-pagi gini enaknya ngapain ya... Oh ya, ayah ada ide, ayah bikin mie goreng spesial. Adik mau nggak bantuin ayah?"


Itu hanya sekelumit cara membangunkan anak dengan baik. Cara-cara lain bisa disesuaikan dengan kondisi, sifat, dan kesukaan anak. Yang terpenting adalah jangan sampai menyakiti fisik dan psikis anak ketika membangunkannya. (rajinpiknik.dok)

Bagikan Informasi ini untuk Mencerahkan Orang Lain:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 rajin piknik pangkal sehat
Powered byBlogger