POJOK PIKNIK

CARI DOLAR

Tips Kece

Nasihat Gokil

Thursday, January 28, 2016

Piknik Sehat, Susur Goa Cerme di Bantul Yogyakarta

Hidup yang sehat didukung dengan piknik yang sehat. 

Satu lagi piknik yang membutuhkan gerakan fisik ekstra, yaitu susur goa. Di antara goa yang cukup menantang untuk disusuri adalah Goa Cerme.

Goa Cerme berlokasi di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul. Dari Kota Yogyakarta, Goa Cerme ini berjarak sekitar 20 km ke arah selatan.

Panjang susur Goa Cerme sekitar 1,5 km. Medan goa yang berbatu sekaligus berair ini selesai ditempuh dalam waktu sekitar 1 s.d. 1,5 jam. Jika lelah di tengah penyusuran, kamu bisa bersantai di beberapa spot pancuran yang oleh beberapa kalangan masih dijadikan sebagai tempat meditasi atau ritual. Ada juga yang "ngalap berkah" di beberapa spot yang dianggap keramat itu. Namun kamu tak perlu khawatir, kesan Goa Cerme ini tidak angker. 

Sebelum menyusuri Goa Cerme, local guide akan memberikan instruksi bermacam hal yang harus dilakukan ketika berada di dalam goa. Kemudian kamu dikasih helm yang disertai sebuah headlamp. Helm ini fungsinya jelas untuk melindungi kepala ketika tidak sengaja menyerempet atau membentur stalagtit yang tumbuh di permukaan atas goa.Dan, senter jelas sangat dibutuhkan sebagai alat bantu penglihatan di goa yang gelap.

Kalau kamu perempuan, sebelum memutuskan untuk pergi wisata susur goa di Goa Cerme ini, pastikan kalau kamu sedang tidak menstruasi. Oleh juru kunci dan local guide, perempuan yang sedang datang bulan tidak diperkenankan menyusuri goa.

Permukaan bawah Goa Cerme cukup terjal. Terkadang stalagmit terasa licin jika dipijak kaki. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan alas kaki yang tepat, misal sandal gunung. Pemakaian sepatu merupakan ide bagus untuk melindungi kaki, namun medan yang berair kurang cocok dengan jenis sepatu kets, kecuali sepatu jenis karet.

Ketika sedang menyusur goa, perhatikanlah teman-teman anda. Jangan sampai kamu ketinggalan atau bahkkan meninggalkan rombongan. Jika ada yang terpisah, gunakanlah panggilan sandi yang telah disepakati di awal, misal suara "auuu...", "meoooong..." dan semacamnya.

Seorang local guide akan memandu perjalanan menyusuri Goa Cerme. Dialah yang paham betul jalan, mana batu yang aman dipijak dan mana yang rawan. Local guide itulah yang selalu sigap memberi aba-aba "awas kepala", "awas kaki", "ambil kanan", ambil kiri", dsb.

Berapa ongkos jasa guide di Goa Cerme? Tidak mahal. Untuk satu rombongan, seorang ongkos jasa guide hanya berkisar 30 ribu rupiah saja. Sementara tiket masuk Goa Cerme ini tidak lebih dari Rp. 3.000 per orang. Murah kan?

Lanskap panorama di sekitar Goa Cerme masih alami dan segar. Sudah murah, sehat, dan penuh tantangan, so, tunggu apa lagi? Langsung saja agendakan piknik susur goa di Goa Cerme, ya... (rajinpiknik.dok)

Bagikan Informasi ini untuk Mencerahkan Orang Lain:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 rajin piknik pangkal sehat
Powered byBlogger