POJOK PIKNIK

CARI DOLAR

Tips Kece

Nasihat Gokil

Friday, February 12, 2016

5 Oleh-oleh Khas Semarang yang Ngehits Sepanjang Masa

Bepergian ke luar kota memang terasa kurang kalau pulang dengan tangan kosong. Oleh-oleh menjadi bawaan tangan yang paling sering dilakuan oleh para pelancong  yang  sedang piknik atau orang yang lagi tugas luar kota. Nah, kalau kamu jalan-jalan atau mengunjungi Semarang, 5 oleh-oleh ini akan memberikan kesan khas bagi yang menerimanya. Karena lima oleh-oleh ini tidak ditemukan di kota lain.

1.    Loenpia
Sudah masyhur kalau Semarang diberi julukan “kota loenpia”. Loenpia atau lumpia ini memang menjadi ole-oleh nomor wahid yang paling banyak diburu para wisatawan.
Loenpia adalah jajanan yang terbuat dari paduan sayur, daging, rempah, yang dibalut dalam adonan terigu. Lenpia berasa gurih dan lezat.


2.    Bandeng Presto
Oleh-oleh kedua yang wajib dicoba setelah loenpia adalah bandeng presto. Bandeng tanpa tulang ini memiliki citarasa yang khas. Orang bisa menikmati ikan bandeng tanpa sisa. Daging dan tulang-tulang bandeng presto semuanya ramah dengan mulut. Empuknya bandeng presto dijamin maknyus.


3.    Tahu Bakso
Barangkali jajanan tahu bakso bisa dijumpai di setiap kota. Tapi, tahu bakso di Semarang tiada duanya. Teksturnya yang kenyal dan gurih membuat tahu bakso di Semarang kian populer. Awalnya tahu bakso dipopulerkan oleh sejumlah pedagang di Ungaran, Kabupaten Semarang. Karena lokasinya yang tidak jauh di Semarang menyebabkan jajanan tahu bakso juga menjamur di Semarang. 


4.    Wingko Babat
Perlu diakui bahwa wingko babat bukan jajanan khas Semarang 100 persen. Di berbagai kota banyak orang memproduksi dan menjual wingko. Wingko adalah jajanan yang terbuat dari campuran prautan kelapa muda dan gula. Rasanya manis dan legit


5.    Ganjel Rel
Dari namanya, oleh-oleh ganjel rel terdengar ekstrem. Sekilas, dibayangkan bahwa jajanan ganjel rel itu keras dan kuat. Ganjel rel diolah dari paduan tapioka, santan, dan gula. Bagian kulit jajanan ganjel rel dilapisi dengan serbuk wijen. Warna kecoklatan dan teksturnya yang keras membuat jajanan ini disebut sebagi ganjel rel.



Semua oleh-oleh itu bisa ditemukan di kawasan pusat oleh-oleh Semarang di Jln. Pandanaran. (rajinpiknik.dok)

Bagikan Informasi ini untuk Mencerahkan Orang Lain:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 rajin piknik pangkal sehat
Powered byBlogger