POJOK PIKNIK

CARI DOLAR

Tips Kece

Nasihat Gokil

Monday, January 25, 2016

Rujak Cingur, Kuliner Hot Khas Surabaya bagi Penyuka Makanan Pedas
















Selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, rasanya Surabaya juga pas jika diberi gelar Kota Rujak Cingur. Apa dikata, kota di mana para arek (sebutan khas orang Surabaya/ Jawa Timur) ini  memiliki kuliner khas yang bernama "rujak cingur".

Pecinta kuliner yang doyan pedas pasti ingin menjajal rujak cingur ketika bepergian atau piknik di Surabaya. Namun, bagi yang belum pernah merasakannya, mungkin kepo hingga bertanya-tanya: seperti apa sih rujak cingur itu?

Ada juga yang membayangkan rujak cingur itu semacam rujak buah biasa. Cuma beda nama. Alamak! Anggapan yang tidak pas, tentunya.

Rujak cingur adalah sebutan untuk makanan khas Surabaya, bahan dasarnya biasanya lontong yang dilengkapi sayuran, dan di atasnya dikasih bumbu rujak, yang umumnya, berjenis sambal petis bercampur kacang. Namun ada juga varian sambal rujak cingur yang teksturnya seperti sambal pecel. Apapun, varian itu, santapan pedas ini cocok ditemani kerupuk yang kriuk.

Walhasil, rujak cingur bukanlah makanan ringan seperti bayangan akan rujak buah biasa. Rujak cingur itu makanan berat. Satu porsi rujak cingur bisa membuat perut kamu bergerak maju. Hehe...

Kalau kamu lagi jalan-jalan, tugas dinas, atau sedang main-main di Surabaya, sempatkanlah mencicip rujak cingur. Makanan khas surabaya ini mudah didapatkan di spot-spot kuliner, mulai dari street food (makanan pinggir jalan), pujasera, ataupun restoran.

Bagikan Informasi ini untuk Mencerahkan Orang Lain:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 rajin piknik pangkal sehat
Powered byBlogger